Untuk lebih mudah mengembalikan file/folder seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya, kita akan coba membuat sebuah file atau software. Software ini sangat sederhana dan bersifat portable. Fungsinya untuk mengembalikan file/folder tanpa harus mengetik berulang-ulang pada jendela Command Prompt. Software ini sangat bermanfaat ketika file/folder yang akan kita kembalikan terletak di tempat yang berlainan dan drive yang berlainan pula.
Contohnya, file 1 terletak pada D:\Master\Software dan file 2 terletak pada E:\Data. Kita tidak harus mengetik dua kali perintah pengembalian pada Command Prompt. Ada sebuah cara yang dapat Anda lakukan untuk mempermudahnya. Yaitu dengan membuat sebuah aplikasi sederhana menggunakan Notepad. Ketiklah “attrib –s –h *.* /s /d” atau “attrib –a –s –h –r *.* /s /d”. Pada aplikasi yang kita buat di bawah ini kita menggunakan perintah “attrib –s –h *.* /s /d”
note
Kemudian Klik file – Save as

cbat
Pada bagian belakang nama yang sudah Anda buat, berilah format *.bat Pada contoh di atas adalah “Pengembali data.bat”.
Kemudian Klik Save
Jika Anda berhasil, akan terdapat file dengan tipe MS-DOS Batch File.
Lekatkan file ini pada tempat yang berisi file yang hilang karena ter-delete virus, contohnya E:\Yan Simba Patria\Software.
Klik dua kali pada file ini, Akan keluar jendela cmd dengan isi perintah sama seperti yang
kita ketikkan pada notepad.
Refresh lah komputer teman-teman, maka folder atau file yang hilang oleh virus akan muncul kembali.

Semoba bermanfat Sobat ^_^

0 komentar:

Post a Comment

 
Top